[Isi Kepala] Kanker

Belakangan saya sedang kepikiran tentang sebuah penyakit. Kalian pasti sudah sering mendengar namanya. Saya juga. Namanya penyakit “kanker”. Bukan, ini bukan sebuah singkatan dari Kantong Kering a.k.a bokek. Yah, walaupun efeknya bisa menyebabkan kantong kering betulan karena pengobatannya yang tidak murah.

Wikipedia sendiri punya definisi atas penyakit ini,

Kanker atau neoplasma ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk: 1) tumbuh tak terkendali, 2) menyerang jaringan biologis di dekatnya, 3) bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis.

Saya telah membaca dua novel yang sedikit bercerita tentang penyakit kanker, kedua tokoh penting yang mengidapnya akhirnya meninggal. Yang satu terkena leukemia mielositik akut. Satu lagi, saya tidak ingat terkena kanker apa. ._.

health(sumber gambar)

Diceritakan di kedua novel kalau depresi adalah efek samping kebanyakan mereka yang menderita kanker ganas. Manusiawi sih. Bagaimana tidak, penderita kanker merasakan sakit akibat kanker itu sendiri dan akibat proses penyembuhannya yang biasanya melalui kemoterapi. Belum lagi vonis kematian dari sang dokter, “Kamu bisa bertahan kira-kira dua sampai lima tahun lagi.” (Kebanyakan, orang yang divonis kek gini langsung jiper nih. Mood-swing? Mungkin banget juga.)

Soal kemo. Kemo sendiri memakan biaya yang tidak sedikit. Entah berapa kali mereka perlu dikemo untuk melemahkan (dan akhirnya menghentikan) perkembangan sel-sel kanker yang ada pada tubuh mereka. Entah berapa lembar uang yang perlu digelontorkan untuk sebuah kesembuhan. Hingga banyak yang tidak kuat menanggung biaya dan berhenti di tengah jalan.😦

Membaca kedua novel ini membuat saya jadi lebih aware dengan apa yang saya (dan keluarga) makan. Jadi, bagi yang masih diberi kesehatan, yuk kita jaga. Makan makanan yang menyehatkan. Berikut ini nutrisi yang dapat mencegah kanker.

  • Serat
  • Vitamin (B, C, dan E)
  • Karotenoid (dalam ubi jalar dan talas)
  • Folat (kacang-kacangan)

Bawang putih juga berkhasiat membunuh bakteri yang dapat meningkatkan risiko kanker lho. Selain itu, senyawa yang mengandung sulfur pada bawang putih juga dapat menurunkan pembentukan senyawa karsinogen yang dihasilkan dari pengasapan daging (sate dan ayam bakar, misalnya). Dan, jangan lupa olahraga. #ntms

Allahumma ‘afini fi badani. Allaahuma ‘afini fi sam’i. Allahumma ‘afini fi bashari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s