[Sekadar Cerita] Lebaran 1434 H versi beta

Lebaran tahun ini banyak hal yang berbeda. Ini kali pertama saya berlebaran di Kulon Progo, naik kereta dari Bandung pula. *Kok dari Bandung, Nis?* Hihihi. Ini karena kami kehabisan tiket mudik kereta dari arah Jakarta menuju Jogjakarta. Alhamdulillah beliau sigap mencari tiket kereta dari kota lain. Dan dua tiket itulah rizki kami.πŸ˜‰ Jadi, skenarionya, kami harus ke Bandung dulu tanggal 2 Agustus naik travel, menginap di hotel dekat stasiun, baru keesokan paginya berangkat dari Stasiun Bandung menuju Stasiun Wates.

Edisi bosan istirahat - keluar main bola
Edisi bosan istirahat – keluar ikut main bola (kiri ke kanan: suami, sepupu – Fajrin, adik ipar – Alya)

Sampai di rumah Bapak bertepatan dengan waktu buka puasa, setengah jam naik motor dari Stasiun Wates. Bapak menyambut kami dengan senyum ramahnya, seperti biasa. Ditemani Alya yang malu-malu. (Si bungsu dan anak perempuan Bapak satu-satunya ini memang tiap ketemu saya, awalnya malu-malu. Tapi setelah beberapa saat malu-malunya hilang. Dimulai dengan meminjam HP saya untuk bermain. :D)

Kedua, dari keluarga yang tidak terlalu besar, sekarang saya memiliki keluarga buesssaaarrr. Hehehe. Bapak mertua enam bersaudara, sedangkan Ibu mertua delapan bersaudara. Belum lagi jumlah sepupu dan keponakan. Ah, ditambah dua orang adik ipar. Jadi, salah satu yang saya rasakan dari lebaran ini adalah, RAMAI. Alhamdulillah…πŸ˜€

Keramaian suasana Ramadhan dan lebaran saya di Kulon Progo, bukan hanya berasal dari jumlah tambahan keluarga saya. Aktivitas warga di sana juga ramai lho. Di sana ada kegiatan dasawisma, yaitu pengajian yang anggotanya ibu-ibu dari sepuluh rumah. Jadi, dalam satu desa, ada beberapa kelompok dasawisma, yang memiliki jadwal pengajian berbeda-beda. Kemudian, untuk remaja, ada tadarus Quran tiap malam Ahad. Ada lagi yang berbeda, setiap selesai shalat Isya, ada penyampaian kultum oleh remaja masjidnya. Dan yang tidak kalah unik, tahun ini, remaja masjidnya mengadakan agenda “Cuci Motor Murah” bagi warga desa. Wah..Di lingkungan tempat tinggal saya belum ada yang seperti ini.

Karena satu dan lain hal, tahun ini saya absen menghabiskan libur lebaran di Purwodadi dan Wonogiri.Β Liburan sepenuhnya dihabiskan di Kulon Progo. Ada sedikit perbedaan pada menu lebaran antara Kulon Progo dan Purwodadi. Di Purwodadi tidak pernah ada sajian ketupat pada hari H lebaran. Ketupat baru disajikan pada lebaran kecil, yaitu sepekan setelah hari H lebaran. Kalau di Kulon Progo, ketupat bisa dinikmati sejak hari pertama lebaran, bahkan sore hari sebelumnya (kan masaknya dari siang). Ketupat yang kami makan saat itu karya perdana Bapak lho.πŸ˜‰

Hari H lebaran, selain sibuk silaturrahim dengan sanak keluarga. Beberapa orang, termasuk saya, siaga di rumah simbah untuk membantu menyajikan minum ke tamu-tamu yang datang. Kalau lebaran, tamu di rumah simbah memang selalu membludak, bahkan sampai keesokan harinya. Bagusnya, tamu-tamu itu banyak datang hanya sejak sekitar pukul 9 pagi sampai menjelang zuhur saja. Simbah seolah punya jam kunjungan sendiri, hehe.

Nah, hari terakhir saya berada di Kulon Progo, ada acara silaturrahim trah mbah buyut. Artinya ada agenda masak-memasak lagi untuk ini. Bedanya, dalam agenda kali ini, sepupu-sepupu dari keluarga Bapak turun tangan semua, baik yang perempuan, maupun laki-laki. Silaturrahim seperti ini juga baru saya temui di sini. Di keluarga Ayah atau Mama tidak pernah ada acara semacam itu. Kalau ingin silaturrahim, ya berkunjung langsung ke rumah yang bersangkutan.

Yang saya suka dan selalu saya rindukan dari suasana di sana adalah nuansa kekeluargaan dan gotong royongnya masih sangat kental.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s