Kemuliaan Bulan Dzulhijjah

Kajian tanggal 23 Oktober 2012 @Mushola Al Mushlihin…

***

(sumber gambar)

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ada dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.”

(QS. At Taubah:36)

Puasa pada tanggal 1-10 Dzulhijjah mulia karena berada di bulan yang mulia. Hal ini dinyatakan dalam:

“… Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan.” (QS. Al Hajj: 28)

Ibnu Abbas ra: hari-hari yang telah ditentukan ini maksudnya adalah hari-hari yang 10, yaitu tanggal 1-10 Dzulhijjah.

“Demi waktu fajar. Dan malam yang sepuluh.” (QS. Al Fajr 1-2)

Maksud ayat ini adalah malam-malam yang sepuluh dari bulan Dzulhijjah sebagaimana yang tlah disepakati oleh ulama tafsir.

Keistimewaan Bulan Dzulhijjah

  • Allah bersumpah dengannya, yaitu di QS. Al Fajr: 2
  • Disebut Ayyamul Ma’lumat, dalam QS. Al Hajj: 28
  • Lebih dicintai dari hari-hari lainnya

Dari Ibnu ‘Umar ra, Rasulullah bersabda: “Tidak ada hari yang lebih agung di sisi Allah dan tidak ada yang lebih dicintai di sisi-Nya amal shalih yang dilakukan di dalamnya daripada sepuluh hari pertama, maka banyaklah di dalamnya membaca takbir, tahlil dan tahmid.” (HR. Ahmad)

Dari Ibnu ‘Abbas ra, Rasulullah bersabda: “Tiada ada hari yang beramal sholeh lebih Allah swt cintai dari hari-hari ini (yaitu hari sepuluh di bulan DzulHijjah).” Para sahabat berkata: “Wahai Rasul, walaupun jihad di jalan Allah swt?” Beliau berkata: “Walaupun jihad di jalan Allah swt, kecuali seseorang yang keluar dengan membawa diri dan hartanya lalu dia tidak kembali sedikitpun.” (HR. Abu Daud)

Ibnu Taimiyah rhm pernah ditanya, “Mana yang lebih mulia? 10 hari pertama Dzulhijjah atau 10 hari terakhir Ramadhan?” Jawabnya, “10 hari pertama Dzulhijjah lebih mulia siang harinya daripada 10 hari terakhir Ramadhan, tetapi malamnya lebih mulia 10 hari terakhir Ramadhan.”

Ibnu Hajar Asqalani rhm ditanya, “Mengapa 10 hari pertama bulan Dzulhijjah mulia?” Jawabnya, “Karena di sana terkumpul amalan-amalan yang istimewa.”

  • Ada hari Tarwiyah, yaitu 8 Dzulhijjah, hari pertama dilakukan rangkaian ibadah haji.
  • Ada hari qurban.

Dari Abdullah bin Qurt ra, Rasulullah bersabda: “Sungguh hari termulia di sisi Allah adalah hari Qurban.” (HR. Abu Daud)

  • Ada hari Arafah, hari termulia, penggugur dosa, dimaafkan segala kesalahan, hari pembebasan dari api neraka, serta hari yang dibanggakan Allah.

Dari ‘Aisyah ra, Rasulullah bersabda: “Tidak ada hari yang lebih banyak Allah swt membebaskan hambanya dari api neraka daripada hari Arafah, sungguh Dia mendekat lalu mereka dibanggakan dihadapan para Malaikat, seraya berkata: Apa yang diinginkan oleh mereka?” (HR. Muslim)

Amalan-amalan Dzulhijjah

  • Puasa Arafah
  • Shalat Idul Adha
  • Qurban

Bagaimana Jika Puasa Arafah Jatuh di Hari Jum’at?

Tetap boleh berpuasa karena larangan berpuasa di hari Jum’at hanya untuk yang mengkhususkan puasa tanpa ada sebab.

Bolehkah Berpuasa Ayyamul Bidh bila Bertepatan dengan Ayyamut Tasyriq?

Tidak boleh berpuasa pada hari tasyriq, termasuk jika maksudnya adalah ayyamul bidh, puasa senin-kamis, atau pun puasa daud.

Ini dikecualikan bagi orang yang berhaji Tamattu’ (haji yang didahului umrah) dan Qiran (menggabungkan niat haji dan umrah), tetapi tidak memiliki kambing untuk membayar dam. Wajib baginya berpuasa selama sepuluh hari, yaitu tiga hari dalam masa haji dan tujuh hari saat pulang.

“… Maka bagi siapa yang ingin mengerjakan ‘umrah sebelum haji wajiblah ia menyembelih korban yang mudah didapat. Tetapi jika ia tidak menemukan, maka wajib berpuasa tiga hari dalam masa haji dan tujuh hari (lagi) apabila kamu telah pulang kembali, Itulah sepuluh (hari) yang sempurna…” (QS. Al Baqarah: 196)

***

Allahua’lam

Sila download versi powrpoint >> Kemuliaan Bulan Dzulhijjah << 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s