Anak Keturunan Setan

-Kultum pekanan-

Dari ‘Umar bin Khattab radhiallahu’anhu, bahwa anak keturunan setan ada 9, yaitu:

  • Zalitun

Bertugas menggoda penghuni pasar dalam transaksi jual beli untuk melakukan kedustaan, penipuan, memuji-muji barang dagangan, mengurangi timbangan/takaran, dan bersumpah palsu. Penghuni pasar di sini maksudnya penjual maupun pembeli. Maka, ketika memasuki pasar, ucapkanlah ta’awudz. Bentuk godaan setan kepada pembeli bisa berupa keinginan membeli barang-barang yang kurang dibutuhkan, sehingga bisa saja pembeli menyesal ketika sampai di rumah karena hal ini.

  • Watsin

Bertugas menggoda manusia yang tertimpa musibah, agar tidak bersabar, sehingga yang bersangkutan berteriak histeris, menampar-nampar pipi, dan sebagainya.

  • Laqus

Bertugas menggoda manusia untuk menyembah api.

  • ‘Awan

Bertugas menggoda para penguasa agar bertindak zalim.

  • Haffaf

Bertugas membujuk manusia agar menenggak minuman keras.

  • Murrah

Bertugas menggoda manusia agar aktif bermain alat musik dan bernyanyi.

  • Masuth

Bertugas mengedarkan berita-berita dusta lewat lisan manusia.

  • Dasim

Dasim menggoda perempuan agar ia bercerai dengan suaminya. Kalau Dasimah tugasnya menggoda laki-laki agar ia bercerai dari isterinya. Setan dasim (maupun dasimah) ini berada di dalam rumah. Jika seseorang tidak mengucapkan salam saat masuk rumah dan tidak menyebut nama Allah di dalam rumah, maka di dalam rumah tersebut akan terjadi perselisihan, talak, atau pemukulan. Intinya, setan ini senantiasa menciptakan ketidakharmonisan dalam rumah tangga.

Setan dasim juga menggoda manusia saat makan, ia akan makan jika seseorang tidak berdoa sebelum makan. Setan ini juga akan menyelinap dalam lipatan atau saku pakaian seseorang jika orang tersebut tidak menyebut nama Allah ketika berpakaian.

  • Walhan

Bertugas mengacaukan manusia dalam berwudhu, shalat, dan ibadah-ibadah yang lain. Selain itu, menggoda manusia untuk boros dalam menggunakan air untuk berwudhu.

***

Di riwayat lain disebutkan nama lain dari setan Laqus adalah setan Laqis. Setan ini juga bertugas membantu kerja setan Walhan. Namun ada juga yang mengatakan bahwa tugas setan Laqus, Laqis, dan Walhan digantikan oleh setan ‘Awan yang akan menggoda manusia untuk berzina. Ia juga akan menggoda manusia agar sulit bangun tidur dan malas melakukan ibadah-ibadah lainnya. Ada juga setan yang tugasnya khusus menggoda Nabi-Nabi dan para wali, yaitu setan Abyadh.

Dari buku: Nashaihul Ibad (Menjadi Santun dan Bijak)

Allahua’lam..

4 thoughts on “Anak Keturunan Setan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s