Talking ‘Bout Health

Smsan sama bulek saya yang seorang bidan..better konsultasi sama dokter sih, tapi belum sempat ke dokter. Pun teman saya yang sedang koas tidak terlalu merespon pertanyaan-pertanyaan saya.😦

This is it…

A: saya, B: Bulek

A: Emang tensi darah naik turun ya lek? Atau orang yang divonis darah rendah, tensinya akan terus rendah tanpa mengalami fase tensi normal?

B: Iya naik-turun dek. Pagi sama siang aja kadang-kadang beda. Sebenarnya klo tensinya rendah bukan berarti dia darah rendah, melainkan kerja jantungnya yang kurang optimal jadi pasokan oksigennya ke seluruh tubuh jadi berkurang. Makanya ada keluhan sering pusing. Klo perempuan emang sering rendah tensinya, tapi klo kita jaga kesehatan pasti naik. Gak bakal segitu-gitu aja dek.

A: Oh, berarti darah rendah sama tensi rendah beda ya lek? Aq klo naik-turun lift suka pusing. Terus klo mainan di Dufan yang muter-muter/naik-turun langsung muntah-muntah, gimana tu lek?

B: Hahahahaha. Berarti kurang persiapan tuh. Klo dek ninis duduk terus bangun langsung pusing, berarti gejala anemia. Klo gak, berarti cuma butuh ketahanan fisik doang. Olahraga perlu tuh.

A: Haha..kurang persiapan apanya lek? masa’ naik lift butuh persiapan.. :p

Aq pernah kayak gitu beberapa kali. Tapi bukan pusing, lebih ke sakit kepala, nyut-nyutan, rasanya mau jedotin kepala ke tembok.

B: Berarti bukan anemia, sakit semua apa cuma separo aja? Kamu tu kebanyakan begadang tau gak si dek. Hah..

A:  Semua kayaknya, udah lupa. :p | Ih, sejak ngantor tidur cepat terus tau lek.

B: Berarti kebanyakan tidur, hehehehe. Klo pusingnya gak sampai muter-muter masih gak apa-apa dek. Tapi jangan sembarangan minum obat pusing lho. Istirahat cukup aja. Mainan tugasnya jangan diguyur terus. Santai sedikit aja.

A: Lha klo pusing muter-muter mah vertigo, gak sampe kayak gitu. Biasanya cuma sakit kepala kok. Sama tiap naik-turun lift pusing-pusing goyang gitu.

Nah, klo temenku malah belakangan sering pusing tiba-tiba terus ntar hilang sendiri, 3 hari berturut-turut tu kayak gitu. Tapi pusingnya pernah sampai bikin ngerasa mau pingsan gitu lek, padahal dia lagi duduk di angkot. Klo itu kenapa?

B: Oh, berarti tinggal dikasih msk’a Ayu Tingting tu, hehehe..Makan sate kambing aja dek, biar tensinya naik.

A: Yang masuk angin siapa? Temenku itu?

Daging kambing mah buat nambah Hb lek. Emang buat nambah tensi juga?

Jadi kesimpulannya: aku suka sakit kepala n klo naik-turun lift pusing itu karena kurang tidur? Jadi bingung.

B: Hahaha. Tenang aja dek. Kamu tu gak sakit apa-apa. Klo sering pusing pas naik lift ya wajar, kan tadi kamu tensinya rendah, karena itu kamu pusing. Kamu sering gitu tu karena daya tahan tubuh kamu kurang. Gak usah gimana-gimana selama gak ada keluhan yang berlebihan atau permanen, kecuali kamu pusing terus menerus, bukan cuma di lift atau naik wahana dufan.

A: Okeeee, terus temenku? Masuk angin?

B: Owalah dek..dek..yang bilang kamu masuk angin tu siapa, kan tadi katanya goyang-goyang. Aku suruh kasih musik Ayu Tingting, bukannya masuk angin. Hahahahaha.

A: Ooh, musik, kirain masuk, haha..Itu lek, yang tadi aku ceritain, tentang temenku yang suka pusing-pusing. Piye to? Udah beda kasus iniiiih.

B: Ow, jadinya tu yang suka pusing-pusing waktu naik lift itu siapa? Emang temen kamu pusing kenapa to dek?

A: Itu akuuu..Ini nih yang temenku. Gak tau juga kenapa, 3 hari kemarin sempat pusing-pusing yang muncul n hilang sendiri terus sempat ngerasa mau pingsan pas di angkotnya.

B: Harus periksa itu dek klo udah sampe gitu. Meriang gak? Nafsu makannya gimana? Mending suruh ke dokter aja biar dikasih obat. Klo cuma pusing doang n aku gak tau jelas gimana keadaannya, bingung diriku.

A: Hoo gitu..besok-besok deh tak tanyain ke orangnya, haha..

-SELESAI-

Sampai detik ini belum menemukan waktu yang tepat bertanya ke kawan saya. Sepertinya beliau sedang sibuk dan keluhan pusing-pusing itu sepertinya belum muncul lagi.. :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s