Me Vs Elevator DJ I & DJ II

Bismillahirrahmanirrahim…

Saya mulai sangat akrab dengan elevator atau lift sejak lulus kuliah, tepatnya sejak magang di salah satu kantor akuntan publik. Saya katakan akrab karena memang setiap harinya pasti menggunakan lift untuk berpindah dari lantai satu ke lantai lainnya. Terlebih lagi sekarang, ketika saya sudah bekerja di gedung 20 lantai, tangga hanya saya gunakan untuk menuju basement dari ground floor.

Ada yang berbeda di lift gedung ini dibanding lift-lift yang pernah saya gunakan sebelumnya. Pertama, lantai lift dialasi dengan karpet berwarna hijau yang ada tulisan harinya. Tulisan Senin dipasang pada hari Senin, tulisan Selasa untuk hari Selasa, dan seterusnya. Kapasitas lift cukup besar, dapat mengangkut maksimal kurang lebih 24 orang. Kedua, ketika naik/turun lantai menggunakan lift, ada sensasi ‘pusing’nya. Hhe. Entah ini saya saja yang merasakan atau memang seperti itu. Jadi, setelah keluar dari lift itu rasanya ‘goyang’, badan tidak stabil. Waktu di dalam lift juga merasakan hal itu sih.

Ketiga, lift di gedung ini jumlahnya ada 5, tapi kalau mau naik/turun, tinggal pencet tombolnya, lalu lihat lampu lift mana yang menyala, berarti kita akan diangkut dengan lift tersebut. Jadi, kalau lampu yang menyala berganti/pindah pintu, berarti lift yang akan mengangkut kita juga berganti. So, jangan heran kalau melihat calon penumpang lift yang sedang menunggu berputar-putar mencari lampu lift yang menyala.🙂 Keempat, ada 1 lift yang pintunya selalu terbuka -di ground floor-, lift ini khusus digunakan oleh menteri (Djuanda I) dan pejabat (Djuanda II). Di depannya selalu disediakan papan ‘wet floor‘ untuk menjaga agar pintu lift tetap terbuka.

Walaupun sudah dua pekan saya bekerja di sini, masih saja suka lupa tentang mekanisme kerja lift. Seringkali saya yang ingin turun ke lantai bawah malah ikut naik dulu karena tidak melihat tanda naik-turun di atas pintu lift. Tidak efisien waktu. –“

Leave a Reply

