Tugas-tugas Perdana dari Lantai 20

Bismillahirrahmanirrahim…

Senin, 5 Maret 2012, hari kedua saya menempati ruangan ini. Ya, alhamdulillah saya sudah memiliki ruangan sendiri, sudah memiliki deskripsi pekerjaan yang jelas.🙂

Di Sekretariat Jenderal ini, saya diperbantukan di Pusat Pengkajian Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara sebagai staf penyiap bahan kajian. Yaaa intinya sih pekerjaannya mirip-mirip sekretaris gitu. Hhe. Bagi orang-orang yang mengenal saya pasti bilangnya, “Gak jauh-jauh ya..”

Oh iya, eselon II saya Biro Perencanaan dan Keuangan. Biro ini sebenarnya berada di 3 lantai di gedung Juanda I, yaitu di lantai 8, 9, dan 10. Namun, karena saat ini saya sedang diperbantukan di tempat lain, jadilah saya berkantor di gedung Juanda II lantai 20. Saya ditempatkan di sini untuk mengisi kekosongan staf penyiap bahan kajian. Ternyata saya kenal sama mbaknya yang sebelumnya bekerja di sini. Waktu saya tingkat 2, mbaknya mahasiswi D3 Khusus, namanya Mbak Dwi.

Di ruangan ini saya hanya berdua dengan seorang ibu, beliau staf TU, namanya Ibu Sofiati. Bu Sofiati ini sudah mengabdi sekitar 35 tahun di Kementrian Keuangan dan September 2013 nanti beliau pensiun. Sebelum dipindahkan ke sini, beliau adalah staf di Bagian Akuntansi Pelaporan, Biro Perencanaan dan Keuangan. Menurut beliau, alasan mutasinya adalah karena di Aklap dibutuhkan orang-orang yang (menurut beliau) mahir mengoperasikan komputer. Sedangkan Bu Sofiati sendiri istilahnya (menurut beliau lagi) nunak-nunuk kalau diminta mengoperasikan komputer.

Tugas pertama saya adalah mengantarkan surat. Dari Juanda II lantai 20 ke Juanda I lantai 10. Sistemnya di sini, kalau mengantarkan surat itu kita membawa “buku ekspedisi”. Buku ini yang nantinya akan ditandatangani oleh penerima surat sebagai bukti bahwa surat benar-benar telah dikirim. Saya sempat salah ruangan waktu pulangnya gegara jalan-jalan sambil mengetik sms. Masuk ke ruangan yang isinya bapak-bapak semua. Oalah, salah belok ternyata. Pelajaran yang bisa dipetik: keluar lift itu tengok kanan-kiri, baca papan nama ruangan yang kita cari.

Tugas kedua adalah membantu Bu Sofiati membuat format pengarsipan surat masuk. Jadi selama ini surat hanya diarsipkan di buku arsip, padahal ibu pimpinan rutin meminta arsip surat masuk dalam bentuk softcopy tiap tahunnya.

Selain itu, hari Jum’at kemarin saya pakai untuk request pembuatan akun individu ke Biro Pusintek Sekretariat Jenderal. Diminta sama ibu pimpinan sih. Katanya kalau belum punya akun individu belum bisa menggunakan layanan internet.

Prosesnya mudah, cuma mengisi form yang saya minta dari Mas Doni (staf ruangan sebelah), lalu dikirim via fax ke Pusintek. Tidak lama setelah itu, saya dihubungi oleh pihak Pusintek yang menanyakan konfirmasi pembuatan akun akan dikirim via email atau fax. Saya memilih untuk dikirimkan melalui email saja karena belum hafal nomor fax ruangan sebelah. FYI, di ruangan saya tidak ada mesin fax. :p

Nah, dari email itu saya mendapatkan nama akun dan password serta petunjuk penggunaan OWA (Outlook Web App), sepenangkapan saya, OWA itu semacam gmail, yahoo, dsb. Kalau mau tau lebih lanjut, buka saja http://help.outlook.com/id-id/140/bb899531.aspx :D

Mungkin ada yang berpikir ketiga hal ini bukan pekerjaan yang material. Pekerjaan ini memang pekerjaan ringan, yang (sepertinya) tidak membutuhkan keahlian khusus untuk mengerjakannya. Tapi, kembali saya ingat pesan kakak-kakak kelas, bahwa sekecil apapun pekerjaan kita di sini, yakinlah ini adalah salah satu wujud bakti kita pada Indonesia. Jangan pernah anggap remeh tiap pekerjaan kecil yang kita lakukan karena dari pekerjaan kecil ini kita membantu terlaksananya pekerjaan-pekerjaan besar untuk bangsa ini. Apapun perintah atasan, asal tidak melanggar syariat, kita harus siap melaksanakannya.

Luruskan niat..agar tiap yang kita lakukan bernilai ibadah..SEMANGATI!!

Leave a Reply

