Jawaban Istikharah Lewat Mimpi?

A: Kak, katanya kalau shalat istikharah 3x dapet jawaban atas masalah yang kita hadapi. Tapi kemarin aku gak jadi istikharah, diganti tahajjud, eh, habis itu mimpi tentang masalah itu. Itu gimana kak?

Dan sayapun mencari jawabannya..

 


***

Hasilnya adalah..

Mimpi bisa saja menjadi media jawaban istikharah kita. “Bisa saja” lho ya, bukan mutlak. Karena mimpi pun bisa jadi hasil intervensi setan. Jadi, bisa saja mimpi itu justru menyesatkan.

Sejatinya, istikharah dilakukan untuk memantapkan pilihan atas apa yang telah ia tekadkan, bukan menentukan pilihan. Berarti di sini istikharah bukan dilakukan saat kita sedang ragu. Karena Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian bertekad untuk melakukan suatu urusan, maka kerjakanlah shalat dua raka’at selain shalat fardhu…” (HR. Bukhari).

Jawaban Allah atas masalah ini akan terlihat pada proses ke depannya. Jika pilihan itu baik menurut Allah, maka akan dimudahkan dan diberkahi. Tapi jika tidak, maka Allah akan memalingkannya dan memudahkan orang tersebut pada kebaikan seizin-Nya.

Allahua’lam..🙂

2 thoughts on “Jawaban Istikharah Lewat Mimpi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s